Beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan, akan kami coba tampilkan di sini.

Apakah Digital Library itu ?

Ada banyak definisi digital library, dan beberapa istilah seperti electronic library dan virtual library juga sering digunakan dan disamakan. Definisi yang digunakan dalam IndonesiaDLN diambil dari definisi menurut Digital Library Federation, DLF, yaitu:
"Digital libraries are organizations that provide the resources, including the specialized staff, to select, structure, offer intellectual access to, interpret, distribute, preserve the integrity of, and ensure the persistence over time of collections of digital works so that they are readily and economically available for use by a defined community or set of communities." (http://www.clir.org/diglib/about/strategic.htm)

Sebagai konsekuensinya, membangun digital library bukan sekedar membangun server yang diisi dengan koleksi-koleksi dalam format digital. Kita juga harus membangun organisasi yang akan mengelolanya. Di dalamnya terdapat staf yang memiliki kompetensi untuk mengumpulkan, mengorganisasikan, memasarkan, dan memberi layanan informasi digital kepada pemakai. Dan tak kalah pentingnya adalah pendefinisian pasar atau pemakai yang akan memanfaatkan koleksi digital library yang dibangun. Organisasi digital library harus mengetahui dengan jelas siapa yang akan memanfaatkannya dan yang akan membutuhkan layanannya. Selanjutnya, organisasi tersebut harus memberikan suatu layanan (services) kepada pengguna entah itu bersifat profit maupun non-profit.

Dikutip dari paper Ismail Fahmi (ismail@itb.ac.id)

Apa saja yang dimuat di DigiLib Polibatam ?

Untuk saat ini, koleksi Digilib Polibatam mencakup Tugas Akhir mahasiswa angkatan 2000 sampai sekarang dan Laporan Penelitian staf pengajar mulai tahun 2003 sampai sekarang.

Kenapa saya tidak bisa men-download tugas akhir maupun laporan penelitian ?

Anda harus login terlebih dahulu.